Bupati Dukung Desa Tengguli Menjadi Desa Wisata

0
82

FOTO: Bupati Jepara, Dian Kristiandi, makan beralas daus di objek wisata desa Taman Loka Jaya Desa Tengguli

SHIMANEWS.id, Jepara –  Desa Tengguli Kecamatan Bangsri mulai berbenah dalam menata wisata desanya. Hal ini seiring dengan akan dijadikannya desa tersebut menjadi Desa Wisata.

Bupati Jepara Dian Kristiandi sangat mendukung sepenuhnya Desa Tengguli menjadi Desa Wisata. Hal tersebut diungkapkan Andi saat memberi sambutan dalam acara Gebyar Loka Jaya di desa tersebut, Minggu (6/2/2022).

Gebyar Loka Jaya dengan tema “Sinergitas Menuju Desa Tengguli sebagai Desa Wisata yang Memesona” berlangsung di Taman Loka Jaya Tengguli Bangsri.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Lestiaza, Camat Bangsri Deby Nifandrian, Petinggi Desa Tengguli Fatkurrahman beserta jajarannya.

Fatkurrahman menyampaikan, .
Taman wisata Loka Jaya di bangun tahun 2018 lalu oleh pemerintah Desa Tengguli. Kemudian dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diketuai oleh khoiruddin farid.

Sebelum menjadi Loka Jaya, dulunya lahan tersebut menjadi lintasan arena grasstrack. Kemudian diganti nama menjadi Seribu Randu. Namun saat acara Tilik Desa 2018 lalu, Fatkurrahman mendapat saran dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan, agar namanya diganti. Dan jadilah sekarang Loka Jaya.

Dirinya mohon dukungan kepada Bupati Jepara untuk pengembangan taman wisata Loka Jaya. Tidak hanya itu, Fatkurrahman juga mengajukan agar Pokdarwis Desa Tengguli dibuatkan Surat Keputusan (SK) Pengelolaan wisata.

Sehingga akan membakar semangat warga desa dalam mengembangkan lokasi wisata Loka Jaya ke depan benar-benar menjadi jaya.

“Kami masyarakat Tengguli mohon dukungan Bapak Bupati Jepara. Ini akan memudahkan rencana project ke depan untuk memajukan Loka Jaya,” katanya.

Lanjut Fatkurrahman, pemerintah desa Tengguli mempunyai lahan 5 hektare. Lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk menata Loka Jaya menjadi destinasi wisata yang menarik. Selain itu, nantinya juga akan meningkatkan perekoniman warga masyarakat.

Sarana pendukung saat ini di Loka Jaya antara lain kolam renang, gazebo, tempat parkir, warung makan, dan masih banyak lagi. Rencananya ke depan akan dijadikan agro wisata.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya mengatakan, wisata Loka Jaya akan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar kota. Pemandangan alam yang sejuk dan berada di persawahan dengan aliran air sungai, tentu akan menjadi pembeda.

Andi menegaskan, kuliner pendukung akan sangat berkesan dan menambah daya dukung wisata Loka Jaya. Dia berjanji akan membuatkan SK kepada warga Tengguli dalam waktu dekat.

“Saya sangat mendukung Desa Tengguli menjadi desa Wisata. Dalam waktu dekat akan kami buatkan SK wisata,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Andi memberi piagam penghargaan kepada Desa Tengguli sebagai rintisan desa wisata. Menurutnya, ini karena obyeknya sudah memenuhi syarat.

Lanjut Andi, semangat terus maju dan mengembangkan kreativitas, serta inovasi harus digelorakan. Dia mengajak generasi muda di desa tetsebut untuk menjual obyek. Apalagi di era digitalisasi sekarang serba muda dan cepat.

“Jangan sampai wisatawan sampai ke Tengguli kecewa. Komunikasikan dengan perangkat daerah terkait, apa saja yang dibutuhkan,” terangnya.

Andi juga menyempatkan mengun jungi stand kuliner hasil olahan ibu-ibu Tim Penggerak PKK desa Tengguli dan mengajak warga makan bersama. Bahkan emak-emak tidak segan mengajak foto selfi Bupati Jepara.

(DiskominfoJepara/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here