5.000 Wisatawan Kunjungi Karimunjawa Selama Musim Libur Lebaran

0
50

SHIMANEWS.id, Jepara – Pariwisata Karimunjawa kembali bangkit setelah dua tahun terkungkung pandemi covid-19. Selama musim libur Lebaran kali ini, tercatat lebih dari 5.000 wisatawan berkunjung ke wilayah terluar Kabupaten Jepara itu.

Ketua Perkumpulan Biro Wisata Karimunjawa, Arif Setyawan, mengatakan wisatawan yang berkunjung didominasi wisatawan lokal. Ramianya kunjungan wisatawan mulai pada hari H Lebaran.

“Berdasarkan data manifest penumpang kapal selama libur Lebaran ini ada kurang lebih 5.000 wisatawan yang masuk ke Karimunjawa,” ujar Arif, Minggu, 8 Mei 2022.

Tingginya kunjungan wisatawan ini dibarengi dengan penambahan jadwal penyebrangan. Bila biasanya sehari hanya satu kali pelayaran menuju Karimunjawa, pada musim libur Lebaran menjadi tiga kali.  

“Rata-rata wisatawan ambil paket wisata yang tiga hari dua malam. Harga perorangnya mulai Rp1,1 juta hingga 2,5 juta. Harga paket wisata bergantung kamar yang digunakan untuk menginap, apakah hotel atau home stay,” kata Arif.

Seorang wisatawan asal Tangerang, Zarani, mengatakan mengaku puas berwisata ke Karimunjawa. Tidak hanya keindahan alam pantai saja yang memanjakan mata, tapi juga keindahan biota lautnya. 

“Seneng banget liburan ke sini (Karimunjawa), pantainya bagus-bagus. Terumbu karang dan ikan-ikannya juga bagus. Kemarin juga berkesempatan melepasliarkan anak penyu di pantai,” kata Zarani. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here