Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Melalui Sektor UMKM

0
132

SHIMANEWS.id, Jepara – Sektor UMKM diharapkan mampu tumbuh menjadi penopang perekonomian daerah. Sebab, potensi UMKM yang ada di Jepara sangat luar biasa dibandingkan dengan daerah lain. Salah satunya adalah kerajinan seni ukir kayu.

Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif, mengatakan di era globalisasi dan tehnologi saat ini kita harus melakukan inovasi untuk menjual hasil produksi. Salah satunya memasarkan secara online. Juga bisa dipasarkan melalui aplikasi yang sudah ada, seperti Blangkon milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Pelaku UMKM yang ada di Jepara bisa mendaftar dan memasarkan produknya di aplikasi blangkon tersebut, karena aplikasi tersebut lingkupnya tidak hanya kota saja melainkan se Jawa Tengah,” kata Gus Haiz, Kamis, 26 Mei 2022.

Ia menambahkan, munculnya pasar modern semakin banyak. Akan tetapi antusias masyarakat terhadap pasar tradisional juga masih sangat tinggi. Itu sebabnya, DPRD Jepara akan menginisiasi terbentuknya Perda tentang pembatasan pasar modern.

“Setiap Kecamatan hanya ada satu pasar modern. Ini yang akan kita atur dengan tujuan melindungi sektor UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata Haiz.

Sementara itu Kepala DiskopUKMnatertrans, Samiadji, mengatakan, pemerintah Jepara akan melakukan pendampingan baik dibidang produksi maupun pemasaran. Ini bertujuan mengangkat UMKM yang ada di Kabupaten Jepara akan dikenal masyarakat luas.

“Jadi memang dari Pemerintah Jepara sangat serius untuk bagaimana kita lebih mencintai, memanfaatkan, dan menggunakan produk-produk lokal yang ada di Jepara,” kata Samiadji.

(Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here