PPDB di Jepara Daring dan Manual

0
79

SHIMANEWS.id, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara menerapkan sistem daring dan manual pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini. Durasi pendaftaran manual lebih lama dua bila dibanding pendaftaran daring.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Oni Sulistijawan, mengatakan pendaftaran daring dan manual untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dimulai 20 Juni 2022. Untuk pendaftaran daring berakhir 23 Juni 2022. Sementara pendaftaran manual berakhir pada 25 Juni 2022.

“Kenapa yang manual lebih lama dua hari karena penyusunan peringkat dan berkas-berkas lainnya kan manual. Untuk proses selanjutnya seperti pengumuman dan daftar ulang waktunya sama,” ujar Oni saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 7 Juni 2022.

Calon siswa baru yang akan melakukan pendaftaran secara daring dapat melakukan pengajuan akun pada 19 Juni 2022. Pendaftaran akun melalui laman www.jepara.siap-ppdb.com.

“Kalau PPDB untuk jenjang TK (taman kanak-kanak) dan SD (sekolah dasar) dimulai lebih awal. Sudah dimulai sejak 12 Mei kemarin sampai 23 Juni mendatang,” kata Oni.

PPDB kali ini ada empat jalur. Yaitu jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua. Pembagiannya, sebanyak 50 persen untuk jalur zonasi. Kemudian 30 persen untuk jalur prestasi.

“Terus untuk jalur afirmasi 15 persen dan 5 persen untuk jalur perpindahan orangtua,” kata Oni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here